Kenali Perangkat Masak Anda

Memilih peralatan masak untuk dapur Anda menyiratkan beberapa poin tertentu yang harus Anda pertimbangkan: anggaran, memasak dan kebiasaan makan, ukuran keluarga Anda, dll. Salah satu poin paling penting dalam memilih peralatan masak adalah bahan terbuat dari. Seringkali, rincian penting seperti itu hanya diabaikan atau dianggap kecil. Bahkan, pemahaman yang tepat tentang perbedaan antara bahan-bahan peralatan masak akan membantu Anda dalam membuat pilihan terbaik dan lebih jauh, akan membantu menjaga peralatan masak Anda dalam kondisi yang baik.

Peralatan masak stainless steel sangat umum, terima kasih kepada harganya yang moderat dan sejumlah kualitas, seperti kekuatan tarik yang baik, ketahanan korosi yang sangat baik dan non-reaksi dengan bahan alkalin atau asam. Menggunakan peralatan masak stainless steel memungkinkan menggunakan lebih sedikit minyak dan lebih baik mempertahankan nilai gizi makanan. Kekurangannya adalah stainless steel tidak melakukan panas dengan baik, sehingga peralatan masak memerlukan aluminium tebal atau inti tembaga di bagian bawah dan, kadang-kadang, sisi untuk melakukan panas lebih merata dan membuat peralatan masak lebih responsif terhadap panas. Perawatan cookware stainless steel cukup sederhana karena dapat dicuci dalam mesin cuci piring dan dikerik dengan bantalan nilon. Pembersih stainless steel khusus akan membantu mengembalikan kilau.

Alat masak anti-lengket adalah berkah saat memasak dan memanaskan kembali jenis makanan yang lengket. Permukaan berlapis ini juga berarti Anda akan membutuhkan lebih sedikit minyak atau lemak saat menggorengnya. Tetapi Anda harus berhati-hati saat menggunakan dan mencuci peralatan masak anti-lengket. Hindari goresan di permukaan atau akan kehilangan sifatnya. Gunakan hanya peralatan kayu, plastik, atau dilapisi saat memasak. Cuci dalam air bersabun panas tetapi tidak pernah di mesin pencuci piring.

Besi tuang relatif murah, melakukan panas secara merata dan setelah dipanaskan, menyimpannya untuk waktu yang lama. Peralatan masak seperti itu bagus untuk memasak goreng dan memasak lambat. Masalah utamanya adalah bahwa karat, noda dan menjadi berlubang saat terkena udara, kelembaban dan makanan tertentu. Jangan mencuci peralatan masak cast iron di air bersabun, sebagai gantinya coba bersihkan dengan lap kertas. Untuk mencegah berkarat, buang semua kelembaban berlebih dari permukaan dan lapisi dengan minyak sebelum disimpan.

Peralatan masak aluminium cukup murah dibandingkan dengan bahan lainnya. Ini sangat ringan namun kuat. Ini adalah konduktor panas yang baik dan tidak mudah terdistorsi saat terkena suhu tinggi. Kelemahan yang jelas adalah reaksinya terhadap makanan asam dan basa yang menyebabkan korosi dan merusak rasa makanan yang dimasak. Itu sebabnya sering dilapisi dengan stainless steel atau lapisan anodized untuk melindungi makanan. Itu tidak memerlukan perawatan khusus, mencuci biasa dalam air sabun sudah cukup. Namun, jika permukaannya memiliki lapisan anodized, Anda sebaiknya menghindari mencuci peralatan masak dalam mesin pencuci piring dan berhati-hatilah agar tidak menggores hasil akhir.

Alat masak tembaga berjajar cukup mahal, meskipun memiliki sejumlah keunggulan. Ini melakukan dan respons terhadap panas dengan sangat baik, mendingin dengan cepat ketika dikeluarkan dari panas, mencegah makanan dari pembakaran dan menjadi berlebihan. Peralatan masak tembaga adalah pilihan yang baik untuk banyak metode memasak. Masalah utamanya adalah tembaga berinteraksi dengan semua yang berhubungan dengannya. Kelembaban di udara menyebabkannya membentuk film di atasnya yang beracun dan makanan asin menyebabkan reaksi kimia yang dapat membuat makanan memiliki rasa metalik. Untuk alasan itu, peralatan masak tembaga dilapisi dengan timah, perak atau baja tahan karat untuk meningkatkan kualitasnya. Perawatan termasuk mencuci halus dengan air sabun dan pemolesan biasa dengan cat tembaga khusus untuk menjaga bersinar tembaga cerah.